Daftar Harga Kucing Maine Coon

Image
Kucing maine coon  merupakan salah satu kucing raksasa yang paling terkenal dan banyak dipelihara oleh para catlover irumah. Kucing raksasa ini masih satu family dengan ras kucing anggora dan Kucing hutan norwegia.

Mengenal Kucing Bulu Pendek Britania

Kucing Bulu Pendek Britania atau yang sering juga disebut dengan nama British shorthair ini merupakan salah satu kucing yang populer dengan harga jual yang mahal, saking populernya ras kucing ini, banyak iklan-iklan produk kucing yang melibatkan kucing ini sebagai modelnya.

Selain itu, kucing yang berasal dari britania ini dikenal sebagai salah satu ras kucing tertua didunia serta masih memiliki garis kekerabatan dengan kucing persia yang juga merupakan kucing tertua.

Di Indonesia sendiri, kepopuleritasan kucing ini bermula sejak tahun 2007 silam, sampai saat ini kucing bulu pendek britania ini menjadi salah satu jenis kucing dari ras termahal serta menjadi primadona bagi para pecinta kucing di Indonesia.

"Ingin tahu lebih lanjut terkait kucing imut dan lucu yang satu ini ?". Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Singkat Kucing British Shorthair

Kucing kulu pendek britania / british shorthair

"Kamu Pernah lihat ras kucing ini, secara langsung?"

Tak heran jika kamu sering melihatnya di video, iklan, bahkan foto-foto khusus seperti gambar diatas, hal tersebut dikarenakan kucing ini merupakan jenis kucing dari ras berkelas dan sering menjadi Ikon. Bahkan kucing ini pernah menjadi model dalam sebuah film.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kucing bulu pendek britania ini merupakan salah satu ras kucing tertua, oleh karena itu saking tunanya ras kucing ini, beberapa sumber menyimpulkan bahwa nenek moyang kucing ini memiliki hubungan erat dengan bangsa romawi kuno yang pernah menguasai inggris pada zaman dulu.

sejarahnya pun bermula saat bangsa romawi menguasai bangsa inggris hinga menimbulkan perkembangan pertanian-pertanian di inggri. Dengan perkembangan-perkembanan tersebut munculah kebutuhan untuk melindungi hasil panen dari hama pengganggu seperti tikus.

Dengan demikian banyak para tentara romawi yang membawa banyak kucing untuk menjaga hasil pertanian mereka, para kucing-kucing tersebut memburu tikus-tikus yang mengganggu hasil panen dan secara tidak langsung kucing-kucing tersebut disebut sebagai kucing pekerja.

Sesuai dengan namanya yaitu kucing pekerja, mereka (para kucing tersebut) harus bekerja untuk mendapatkan makanan. Dengan kata lain kucing-kucing ini dipelihara bukan untuk dijadikan hewan peliharaan, akan tetapi untuk dipekerjakan.

Para kucing kucing tersebut hidup dengan bebas di gudang yang berisikan hasil panen para petani dengan sedikit campur tangan manusia dalam kelangsungan hidupnya. Selang beberapa waktu tepatnya pada saat bangsa romawi pergi dan terisolasinya bangsa inggris dari dunia, kucing-kucing tersebut mulai berkembang secara pesat.

Setelah beberapa ratus tahun tidak ada lagi impor kucing baru. Kucing-kucing yang telah ada sebelumnya  berkembang biak secara bebas dengan menghasilkan kucing baru yang memiliki badan yang kokoh dan tebal disertai bulu yang halus indah.

Pada akhir tahun 1800-an, para catlover di Inggris mulai memperhatikan kucing-kucing tersebut dan mulai menyadari keindahannya dan mulailah diadopsi sebagai hewan peliharaan. Bahkan kucing-kucing ini mendapatkan penghargaan pada kontes kucing pertama kali di  Crystal Palace, kota London pada tahun 1871.

Dan setelah itu, pada tahun 1889 kucing bulu pendek britania ini mendapatkan status ras kucing sendiri yang disebut sebagai british shorthair. Lalu setelah beberapa waktu berlalu tibalah Tahun 1907, pada saat itu penggemar kucing di Inggris membentuk sebuah komunitas yang bernama British Cat Club. Namu popularitas kucing bulu pendek britania menurun terkalahkan oleh ras kucing persia dan kucing siam.

Selama terjadinya Perang Dunia II, populasi kucing bulu pendek britania berkurang dengan drastis. Untuk menyelamatkan ras kucing tersebut, kucing bulu pendek britania akhirnya dikawinkan dengan kucing Persia. Akibatnya mulai muncul warna-warna lain selain warna blue yang merupakan warna asalnya kucing ini, dengan kawin silang tersebut menimbulkan pengaruh baik terhadap kepopularitasnnya.

Dengan kembalinya kepopularitasan kucing british shorthair ini mendajikan Kucing ini sebagai ikon dan model dari film Alice's Adventures in Wonderland Sebagai Cheshire Cat.
  

Karakteristik Kucing British shorthair

British shorthair cats
British shorthair cats
Untuk kamu yang ingin kenal lebih dekat dengan ras kucing ini, berikut saya sajikan ulasan terkait ciri ciri dan karakteristik kucing british shorthair atau kucing bulu pendek britania.

Postur tubuh

Kucing british shorthair digambarkan memiliki postur tubuh yang pendek namun kekar dan berisi. Cobby mrupakan kata yang tepat untuk mengambarkan postur tubuh mereka karena struktur tubuhnya pendek dengan kaki yang kuat.

selain itu, kucing ini memiliki kepala yang berbentuk bulat besar serta memiliki mata yang bulat, leher tebal, serta ekor yang lebar. Mereka dianggap sebagai kucing yang memiliki ukuran sedang dan memiliki berat antara 11 hingga 18 pon.

Karakter bulu

Sesuai dengan namanya kucing bulu pendek britania maka kucing ini memiliki bulu dengan karakter yang pendek padat dan halus. bahkan saking halusnya kucing ini terasa seperti boneka teddy bear yang mahal sat kita sentuh.

meski berukuran pendek, bulu-bulu tersebut juga akan tumbuh lebih panjang pada musim-musim khususnya pada musim dingin. hal tersebut bertujuan untuk mengatur suhu tubuhnya agar tetap hangat.

warna bulu

Meskipun kucing bulu pendek britania yang sering kita lihat memiliki bulu yang berwarna abu-abu kebiruan atau "British blue", ternyata kucing ini memiliki banyak varian warna bulu. Warna-warna tersebut antara lain:
  1. Putih
  2. Hitam
  3. Lilac
  4. blues
  5. Tabby
  6. Asap rokok
Dengan banyak varian warna yang dimiliki si kucing british ini, mungkin akan terasa sedit sulit untuk membedakan kucing ini dengan kucing lain yang memiliki bulu dengan karakter yang serupa. Untuk membedakannya, bisa dilihat dari tinggi badan si kucing yang cenderung tidak begitu tinggi, tinggi badannya cenderung sama seperti kucing persia.

Selain itu, kucing ini memiliki beberapa varian warna mata seperti warna hijau, biru, dan warna tembaga. Varian warna mata tersebut biasanya sinkron dengan warna bulunya.

Cara Merawat Kucing Bulu Pendek Britania

Gambar kucing british shorthair
Gambar kucing british shorthair
Untuk perawatannya sendiri bisa dikatakan cukup mudah karena ras kucing ini memiliki bulu yang pendek. untuk melakukan perawatannya kamu hanya perlu memandikan si kucing selama seminggu sekali.

Setelah memandikan si kucing, jika kamu mempunyai waktu luang kamu bisa menyiris bulu si kucing dengan tujuan untuk mengangkat bulu mati yang masih metempel di tubuhnya.

Jika dilihat pada sejarahnya dimasa lalu, kucing ini merupakan pemburu yang aktif bagi hewan-hewan pengerat seperti tikus dan lain sebagainya. Oleh karena itu kucing ini pasti nyaman dengan kuku yang panjang dan tajam.

Agar kamu tidak terluka akibat cakaran si kucing, kamu harus memotong kukunya sebelum melakukan contak dengan si kucing terutama saat memandikannya.

Selain itu, dengan memotong kuku ci kucing tentunya sudah menjadi langkah antisipasi untuk mencegah sofa kamu robek-robek akibat cakaranny.

Harga Kucing British Shorthair

Seperti biasa, untuk memudahkan kamu saat membeli kucing jenis ini, kami cantumkan list harganya dibawah ini supaya kamu tidak keliru dan tertipu.

Ras Kucing Umur Harga
Harga kucing british ras asli 6 buan IDR 28.000.000
Harga kucing british blue kitten 2,5 bulan IDR 25.000.000
Harga kucing british bicolor 2 bulan IDR 17.000.000 
Harga kucing british indukan 8 bulan IDR 30.000.000
Kitten kucing BSH british short hair red tabby 2-4 bulan IDR 3.500.000
Harga kucing british jantan ped ica 4 bulan IDR 18.000.000
Harga anakan kucing british shorthair 3 bulan IDR 20.000.000

Demikianlah ulasan lengkap seputar kucing bulu pendek britania atau "British Shorthair cats", semoga dapat membuatmu mengenal lebih dekat dengan ras kucing ini.
Lihat juga : Kucing Anggora : Ciri-ciri jenis dan harganya
Terimakasih dan semoga bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Penyebab Bulu Kucing Rontok